Kamis, 04 November 2010

tugas pendahuluan Ti

modul 3

Macam-macam konektor koneksi database ke Delphi


Mekanisme Akses Data
Komponen Koneksi
Borland Database Engine (BDE)
TDatabase
ActiveX Data Object (ADO)
TADOConnection
dbExpress
TSQLConnection
InterBase Express
TIBDatabase

untuk penjelasannya sebagai berikut :
• Jika dataset yang digunakan adalah BDE, seperti TTable, TQuery atau TStoredProc, maka komponen koneksi yang digunakan adalah TDatabase. Untuk menghubungkan dataset ke database cukup dengan mengubah properti Database-nya. Sebenarnya anda tidak harus selalu menggunakan komponen database (TDatabase) ketika menggunakan komponen dataset BDE. Jika anda mengubah properti DatabaseName pada dataset, maka sebuah komponen database tercipta otomatis pada saat aplikasi dijalankan.
• Jika dataset yang digunakan adalah ADO, seperti TADODataSet, TADOTable, TADOQuery atau TADOStoredProc, maka komponen koneksi yang digunakan adalah TADOConnection. Untuk menghubungkan dataset ke koneksi ADO cukup dengan mengubah property Connection-nya. Sama halnya dengan dataset BDE, anda tidak harus selalu menggunakan komponen koneksi (TADOConnection), yaitu dengan cara mengubah property ConnectionString pada dataset-nya.
• Jika dataset yang digunakan adalah dbExpress, seperti TSQLDataSet, TSQLTable,TSQLQuery atau TSQLStoredProc, maka komponen koneksi yang digunakan adalah TSQLConnection. Untuk menghubungkan dataset ke TSQLConnection cukup dengan mengubah properti SQLConnection-nya. Ketika menggunakan dataset dbExpress anda harus selalu menggunakan komponen koneksinya (TSQLConnection). Perbedaan lainnya dibandingkan dataset yang lain adalah dbExpress selalu read-only dan unidirectional, dalam artian anda hanya bisa mengakses baris (records) secara berurutan, dan anda tidak dapat menggunakan komponen dataset yang mendukung pengeditan.
• Jika dataset yang digunakan adalah InterBase Express, seperti TIBDataSet, TIBTable,TIBQuery atau TIBStoredProc, maka komponen koneksi yang digunakan adalah TIBDatabase. Untuk menghubungkan dataset ke komponen database IB, cukup dengan mengubah properti Database-nya. Sama seperti dataset dbExpress, anda harus selalu menggunakan komponen koneksinya (TIBDatabase).

Sebagai tambahan selain komponen diatas, anda dapat menggunakan dataset client khusus (specialized client dataset) seperti TBDEClientDataSet, TSimpleDataSet atau TIBClientDataSet dan komponen koneksi databasenya. Meskipun setiap tipe dataset menggunakan komponen koneksi yang berbeda, hampir semua mengerjakan pekerjaan yang sama dan mempunyai beberapa properties, methods dan events yang hampir sama.
(miauw271289.wordpress.com)

0 komentar:

Posting Komentar